Selamat Datang di Website Resmi Desa

Artikel

PWI dan PT SI Berikan Pelatihan Jurnalistik dan Optimalkan Website Desa

21 April 2020 16:38:32  Admin Desa  780 Kali Dibaca  Berita Desa

Tubankab - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk - Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban melaksanakan Pelatihan Penulisan Berita dan Optimalisasi Operator Website Desa di Gedung DPRD Kabupaten Tuban, Senin (16/12).

Kegiatan ini sedianya akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni Senin (16/12) hingga Selasa (17/12). Kegiatan dengan agenda pemberian pelatihan kepada operator website desa dan kecamatan ini adalah bagian dari ihtiar pewarta di Tuban dan pihak perusahaan Semen Indonesia Pabrik Tuban untuk mengoptimalkan website desa.  

Penting bagi perangkat desa untuk mengetahui dan mahir dalam mengoperasikan website desa. Sebab, website merupakan salah satu fitur utama dari internet yang merupakan media penyebaran informasi, media interaksi secara online dan media untuk berbagi informasi secara realtime. Informasi pada website dapat disajikan dalam bentuk multimedia (teks, grafik, gambar, suara, dan video), sehingga memudahkan pengaksesnya untuk memahami informasi yang disampaikan.

Pelatihan ini selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik. Bahkan bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar. 

Kompetensi yang diharapkan setelah melakukan pelatihan ini adalah peserta pelatihan menjadi mampu dan memiliki keahlian dalam mengoperasikan website desa. Serta mampu meng-upload informasi tentang desa serta menyiarkan hasil program unggulan desa.

“Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa, “ ujar Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda saat dikonfirmasi memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda yang dilakukan jurnalis Tuban dan stakeholder dalam hal ini Semen Indonesia. Sebab, dewasa ini masih awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa. Sehingga melalui ini, mampu membantu tujuan konsep keterbukaan informasi desa.

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa di-cover dengan baik,” jelas bupati.

Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo mengatakan, website desa harus lebih dioptimalkan lagi. Tidak hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi desa. 

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan desa juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Setiawan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Desa dengan warga masyarakat. Misalnya, didalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk Pemdes. 

“Bisa juga di dalam website itu diberi form-form administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi, mengapresiasi kegiatan tersebut karena mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (chusnul huda/hei)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa